Popular Posts

Blogger templates

Blogger news

Blogroll

About

Selasa, 19 Februari 2013
           Bagi penyuka makanan yang berbahan dasar ayam, mungkin di zaman sekarang ini agak takut untuk mengkonsumsinya dikarenakan banyak sekali makanan yang berbahan dasar ayam yang tidak menyehatkan mulai beredar di masyarakat. Untuk merauk untung besar terkadang banyak pedagang nakal yang melakukan cara sesat. Seperti mencampurkan boraks,memakai suntikan air,bahkan ada juga yang menjual ayam tiren.tapi tenang sobat sekalian, Saya punya cara jitu untuk memilih ayam yang sehat. So jangan pada takut dehh dengan kesukaanmu yang satu ini....    ^_^
 

Berikut tips-tips memilih ayam segar :
 
1. Ayam tiren atau yang dikenal ayam mati kemaren memiliki ciri khas yang cukup mudah dikenali.
yaitu bisa dilihat dari warnanya,ayam yang sehat biasanya berwarna pink cerah. Hindarilah ayam yang berwarna pucat,kulit penuh kerutan/kucel, karena bisa dipastikan itu adalah ayam tiren.
2. Gosokan jari anda dipermukaan kulit ayam. Apabila terkesan bertepung (meninggalkan bekas tepung) maka anda patut curiga karena zat berbahaya biasanya meninggalkan bekas (residu) jika proses pencuciannya tidak baik.
3. Lalat biasanya menghindari boraks. Jadi sebelum membeli, coba perhatikan daging ayam tersebut dihinggapi lalat atau tidak.
4. Daging ayam berbau khas, gunakan penciuman anda untuk mendeteksi apakah daging ayam tersebut berbau khas daging ayam atau justru berbau anyir dan amis. Jika daging ayam berbau anyir, maka carilah daging ayam yang lain.
5. Daging ayam yang baik adalah daging ayam dengan warna putih krem kemerahan/pink cerah. Hindari membeli daging ayam yang berwarna kuning kehijauan.
6. Daging ayam segar kulitnya tidak berlendir dan kering. Efek pembusukan biasanya membuat kulit daging ayam menjadi berlendir dan mempengaruhi kekenyalan daging. Daging ayam yang segar adalah daging yang bertekstur kenyal dan akan kembali ke posisi semula apabila di tekan.
7. Jika bisa, selalu utamakan membeli ayam langsung di tempat yang sudah dipercaya dan tanyakan kepada penjual untuk sekedar memastikan. Serta belilah kepada pedagang yang menjual ayam utuh. Dengan begitu maka kualitas daging ayam pasti akan jauh lebih baik dibanding membeli ayam yang sudah dipotong.
 
 
 
"Janganlah takut membeli ayam yahh.. soalnya masih banyak juga pedagang ayam yang jujur kok.."

0 komentar: